Senin, 06 April 2009

Cara Pasang Infus Printer Canon iP1980

Tak bisa dipungkiri, Printer merk Canon masih merupakan printer favorite dan banyak dipakai dimana-mana. Selain harganya yang relatif murah (untuk entry level), hasil print lumayan bagus juga isi ulang yang tidak ribet. Nah, kalau anda pemakai setia printer Canon dan ingin memasang infus pada printer ini.Beberapa hari ini, saya mencoba memasang infus pada printer Canon iP 1980 untuk di pasang pada warnet saya. Yang jelas barang-barang yang di perlukan pun harus tersedia yaitu tabung infus untuk printer, tinta, isolasi/lakban yang warna hitam. Kalo udah siap, oke kita mulai sekarang.


Pertama-tama kamu buang gambar yang menempel pada catridge, lalu kamu buat lobang kecil yang harus sesuai dengan ukuran karet selang infus dengan bor dulu pelan-pelan pada catridge seperti di gambar ini. Jangan sampai salah dalam membuat lobang karena kalo salah printernya tidak akan jalan.


Yang kedua kamu coba pasang selang infusnya pada lobang yang kamu bor tadi sesuai dengan warna tinta. Kemudian kamu pasang catridge nya pada printer lalu kamu pasang dan tempelkan plastik kecil segiempat untuk mengatur posisi selang tinta pada pada catridge tinta warna hitam agar saat printer di hidupkan selang infusnya berjalan lancar jalan seperti pada gambar ini.


Printer Canon, sering mengalami beberapa masalah dengan printer yang satu ini. ini ada sedikit tips yang bisa kamu coba untuk lakukan.

1. Blinking, Indikator Kedap-kedip ketika Printer dinyalakan
Solusi Ringan, maksudnya solusi ini harus anda lakukan setiap kali anda menyalakan printer, sebab langkah ini hanya bersifat sementara. Ketika printer anda terputus dari arus listrik, maka blinking akan kembali muncul. Tapi, nggak ada salahnya ada lakukan langkah ini, bila anda belum familiar dengan cara-cara mereset printer menggunakan software.
• Lepaskan kabel power dari printer anda.
• Tekan terus tombol Power, sambil anda memasang kembali kabel power.
• Indikator power akan kelihatan menyala berwarna kuning.
• Lepaskan tombol power, ketika anda selesai memasang kabel power.
• Kemudian tekan lagi tombol power, untuk menyalakan printer anda.
• Dipastikan printer anda tidak blinking lagi. Namun ketika printer anda terputus dari arus listrik, maka blinking ini akan muncul, dan anda tinggal ulangi langkah diatas.

2. Blinking, kedap-kedip ketika habis tinta, atau ketika selesai isi tinta
Salah satu Solusinya :
• Tekan dan tahan tombol “Resume” selama kurang lebih 1 sampai 2 menit
• Kemudian buka tutup atau cover printer anda.
• Buka dulu Cartridge-nya kemudian pasang lagi
• Tutup cover printer
• Matikan, kemudian hidupkan kembali

3. Huruf hasil Print putus-putus (bergaris-garis), tidak merata
Coba lakukan cleaning beberapa kali, bila cara ini tidak berhasil juga, anda bersihkan catrige anda secara manual.
Aku tambahkan sedikit gambar untuk mereset printer Canon IP1980 secara manual :
1. Matikan Power printer & lepaskan kabel power dari printer.
2. Buka tutup printer, lihat gambar :




3. Tekan tombol Power, tekan tombol Reset & masukan kabel power ke Printer semuanya di lakukan harus bersamaan.


4. Lepaskan dulu tombol reset, lalu baru lepaskan tombol power.


5• Kemudian tekan lagi tombol power, untuk menyalakan printer anda.


Catatan : jika printernya masih blinking juga, ada kemungkinan Chip catridge rusak, soket catridge rusak, kabel USB printer tdk tersambung kuat (agak goyang), printer di instal kembali.
selamat mencoba & semoga berhasil.





39 komentar:

  1. ada baik nya kalo tidak semua isi blog anda di hiasi dedaunan ... soal nya kalo di pasang seperti itu , di tempat ( komputer) yg lelet ... akan sgt susah membaca nya ( sendat2 ) thx ...

    BalasHapus
  2. terima kasih banyak bro utk komentarnya, ini cuma sebagai contoh

    BalasHapus
  3. terima kasih infonya....
    perawatannya bagaimana...
    seandainya kita jarang menggunakan printer..
    kemungkinan selangnya akan kering dan warna nya tidak jelas...
    sekian terima kasih..

    BalasHapus
  4. thank bro,, jd begini usahakan printer sering di pake, ya walaupun tdk sstiap hari. utk selang tdk akan kering, kemungkinan ujung mata catridge yg kering tp itu msh dpt di atasi, bs di cleaner atau dgn cara lain

    BalasHapus
  5. Bro....printer canon ip1980-ku ko kedip-kedip terus lampu yang warna kuning ya, padahal udah pakai yang bro sarankan dg tekan resume 1-2 menit.tapi tetep aja kedip-kedip kaya lampu sein.ada solusi lain ga bro?????

    BalasHapus
  6. maaf bro,, gambar cara meresetnya blm smpt aku pasang,, kmrin2 HP lg sedikit error,, skrg km bs lht gmbrnya,,slmt mencoba semoga berhasil

    BalasHapus
  7. mas, kok masih ya masalah printer canon ip 1980 saya..
    padahal udah saya lakukan sesuai dengan petunjuk di atas....tetapi hasil nya masih putus2.....apa mungkin ada masalah dengan catridge?apa ada faktor lain ? mohon bimbingannya...trimakasih
    jawaban nya aku tunggu di email saya ya mas
    ad_5913jh@yahoo.com

    BalasHapus
  8. salam knal bos kok q pas masang inpust.print q malah tambah parah y..?tinta nya bocor

    BalasHapus
  9. oke bro,, aku jelaskan. kebocoran / kebanjiran tinta ada 3 penyebabnya :
    1. cara membuat lobang pada catridge haruslah benar-benar pas jangan longgar. jadi jangan ada rongga udara sedikitpun yg masuk ke dlm catridge.
    2. jangan menaruh tempat infus tinta terlalu tinggi dr catridge, karena catridge bisa kebanjiran terus. min harus sejajar.
    3. klo tempat infus tinta isinya penuh/full, ushakan harus di tutup.

    BalasHapus
  10. tolong donk kasih tip ngisi tinta yang aman coz print q baru canon ip1908 belom tahu cara ngisinya. sebelumnya makasi...

    BalasHapus
  11. oke deh untuk teman ku anik,, sebenarnya cara mengisi tinta catridge tidak terlalu rumit. udah aku buatkan postingannya, jadi kamu bisa lihat di blog ini "cara mengisi tinta catridge" kamu ikuti petunjuk dan caranya pelan-pelan.
    selamat mencoba

    BalasHapus
  12. sekedar berbagi tips:
    klo selang infus kejepit cover printer, sebaiknya pentolan yg dicover yg mnuju tombol reset diperpanjang.klo aku pke sedotan, jadinya ada sedikit celah bwt selang infus n printer tetep bisa berfungsi.

    BalasHapus
  13. thank banget bro untuk saran & idenya

    BalasHapus
  14. Gak pake buangan tinta (biasanya pada bagian belakang) ya Bro...
    Trus kalo kita isi terus, pa gak jadi luber tu???
    Mohon petunjuk perihal buangan tintanya. Soalnya kalo di Epson R230 ku pake buangan di bagian belakang... Gimana kalo Canon IP1980??

    BalasHapus
  15. Thank bro utk pertanyaannya. Begini, sebenarnya dari awal pertama kita beli Printer, seharusnya di pasang tempat pembuangan tinta tepat di blakang printer, apalagi di gunakan utk sebuah usaha warnet. karena penjelasannya agak panjang, jadi aku buatkan postingan tambahan pada "Cara Mengatasi Absorber full Printer Canon IP1980". oke bro selamat mencoba

    BalasHapus
  16. trimakasih infonya bermanfaat banget moga jadi amal jariyah amiin

    BalasHapus
  17. "Tekan tombol Power, tekan tombol Reset & masukan kabel power ke Printer semuanya di lakukan harus bersamaan"
    ...mana sambil njepit rokok lagi hehe hebat.

    thanks udah mau bagi ilmu nya gan.

    BalasHapus
  18. makasih banyak tips2nyaaaa... :D

    BalasHapus
  19. thank bro printer gw bisa lagi..tapi ko tinta infus gw tetao ngga jalan ya...kenapa??????

    BalasHapus
  20. thank bro klo dah berhasil. Begini yg aku tau sistem cara keja tinta printer, tinta printer akan keluar apabila saat printer beroperasi , jd klo tinta tdk keluar ada kemungkinan ujung catridge printer kering, slmt mencoba & semoga berhasil

    BalasHapus
  21. bro mo nanya, gw bru ptama kali refill tinta infus. pas dah selese ko tinta ga mo turun ya? knp tu bro?
    thanks

    BalasHapus
  22. thank bro utk pertanyaannya,
    1. jgn di tutup tabung tinta, contoh gmbrnya ada di atas.
    2. klo kita pasang infus pada saat tinta catridgenya sdh benar2 kososng, itu kemungkinan catridge nya dah kering banget.
    3. coba ujung mata catridge km tempelkan pada kertas sbntar saja & lht hslnya kluar / nggk tintanya.
    selamat mencoba & semoga berhasil

    BalasHapus
  23. mas tolong dong...sy bru beli ip 1980, bru print beberapa lembar print tiba" berhenti menimbulkan suara kkrrrrrrr krn catridge ga' mau jalan tp penarik catrid berputar.makasih buanget.

    BalasHapus
  24. thank bro utk pertanyaannya, jd begini :
    1. klo printernya pke infus, biasanya selang infusnya tersangkut body printer & klo tdk pke infus biasanya selang pembuangan tinta catridge terjepit/tersangkut atau pada daerah sekitar roller printer bag dalam ada benda kecil yg menghalangi,,(cb km cek dulu) atau bisa juga per/kawat di bawah tmpt duduk catridge terlepas
    slmat mencoba & smoga berhasil

    BalasHapus
  25. thanks infonya n da berhasil. Tpi muncul masalah baru : indikator tinta low padahal pake infus,setelah saya periksa selang infus ternyata, selang infus kosong alias tinta tidak masuk/terkirim ke catridge,tolong dong gimana solusinya..?

    BalasHapus
  26. thank irfan utk prtnyaannya,jd begini :
    1. klo kita lht di lyr monitor maka indikator tinta tdk akan terdeteksi klo printer menggunakan infus, jd catridge akan terlihat kosong trus,itu tdk jd mslah
    2. saat km memasang selang infus ke catridge, catridge hrs lbh rndah dr botol infus, stlah selang tinta trlihat full baru km psang catridge & botol tinta hrs sejajar dgn catridge.
    3. klo selang tinta ada yg trlihat sedikit2 kosong itu biasa & tdk ada mslah
    slamat mencoba & smoga berhasil

    BalasHapus
  27. terima kasih ya....
    canon ip 1980i, warna tidak keluar. dan kalo di bawah catridge diberi tissue warnanya keluar. apakah hal itu menandakan bahwa catridgenya dah rusak dan harus diganti yang baru???

    BalasHapus
  28. thanks utk Ma rofiq yg sdh brkunjung di blog aku,,bgini bro klo mslah sprti itu biasanya catridhe hrs di ganti,,krn tinta catridge sdh tdk terdeteksi lg oleh printer, penyebabnya catridge prnh kekeringan tinta. slmt mencoba & smoga berhasil

    BalasHapus
  29. mau tanya nih. ak beli canon 1980i sekalian di infus dr tokonya. tp baru 3-5 hari tinta yang warna kuning turun sampai mendekati tempat infus( tmp infus di sebelah kanan printer). lalu aku deep clean trus smp tinta kuning itu naik ke catridge. eee besoknya besoknya sudah turun lagi. gimana yah caranya biar tinta kuning nya ndk turun? kalau ak deep clean terus tinta hitamnya cepet buaget habisnya.
    tolong bantunya. terima kasih

    BalasHapus
  30. maaf bos, CARA memasukkan slang melalui printer ke belakang mana bos.

    BalasHapus
  31. utk penjelasan catridge printer: solusinya km bs bc di atas pada komentar Utk sdr Irfan, aq cm tmbahkan sdkit ushakan isi tinta infus sm rata dgn catridge, kuncinya dari selang infus menuju lobang catridge hrus rapat & jgn ada celah udara sedikitpun. jgn di deepclean trus,,smua tinta cpt hbs. selamat mencoba & semoga berhasil

    BalasHapus
  32. Utk mslah Pembuangan Tinta catridge :
    1. km bs bc di postingan mengenai 'Absorberful' di situ ada penjelasannya.
    2. Di dlm Printer sdh ada selang pembuangan jd langsung di tarik aja selangnya pelan2 & nggk perlu di pasang selang lg.
    3. km hrs membuka seluruh body printer
    selamat mencoba & semoga berhasil

    BalasHapus
  33. Pak minta tolong pencerahan untuk cara memasang/merakit infus pada printer canon pixma ip2770..... sebelumnya trims......
    (Mochamad Sahroni : roni_dinkes@yahoo.com)

    BalasHapus
  34. Utk M. Shroni trima kasih prtanyaannya ;
    jd stelah saya lht printer canon ip2770 cara pemasangannya hampir sama dgn printer canon ip1980 sperti pada penjelasan di atas,,hnya beda sdikit pada body printer aja.
    oke slamat mencoba

    BalasHapus
  35. makasih banyak infonya ya brow pasti ada manfaatnya buatku ..

    BalasHapus
  36. anda memang baik hati bro,berbagi ilmu bukan membuat kita jadi bodoh, malah sebaliknya, salam kenal dari saya,....

    BalasHapus
  37. gak nahan rokok nya bos..:D

    BalasHapus
  38. thanks yah broo berkat infonya yang gw sedot dari sini sangat bermanfaat bnget,,,, kalo bisa saya ingin tahu cara mebuka body canon ip1980 bos.. ok trims bro.....

    BalasHapus
  39. trims bro..utk tresna mslah buka body printer km bs baca pada postingan 'Cara Mengatasi Absorber full' di situ ada cara membuka bodynya...cuma hati2 dlm membukanya...slamat mencoba bro

    BalasHapus

Wisata Pantai

Pulau Bangka sangat terkenal dengan keindahan pantainya. Beberapa pantai yang terkenal di pulau bangka antara lain:

  • Pantai Parai Tenggiri
  • Pantai Matras
  • Pantai Tanjung Pesona
  • Pantai Rebo
  • Pantai Batu Berdaun
  • Pantai Pasir Padi
  • Pantai Tanjung Ru Sadai,Bangka Selatan
  • Pantai Tanjung Kerasak, Bangka Selatan
  • Pantai Gunung Namak, Bangka Selatan

Obyek Wisata

Selain objek wisata pantai, di Pulau Bangka masih terdapat juga obyek wisata lainnya antara lain :

  • Pesanggrahan Bung Karno Bukit Menumbing
  • Wisma Ranggam Mentok
  • Museum Timah Pangkalpinang
  • Mesjid Jami' Pangkalpinang
  • Perkampungan Cina Tradisional Simpang Gedong
  • Taman Pha Kak Liang di Belinyu
  • Kolam Pemandian Air Panas di Pemali
  • Vihara Dewi Kuan Im di Sungailiat
  • Lokasi Film Laskar Pelangi di Gantung

Alat musik & Tari

Alat musik dan tarian tradisional Bangka

· Dambus

· Rebana

· Suling

· Gendang Melayu

· Tari Tanggai

· Tari Zapin

· Tari Campak


Sumber: KlikBCA.com KilasBerita.com

Get your own LinkBox! Tukar Link

ShoutMix chat widget
 
WARNET