Minggu, 09 Mei 2010

Perbedaan Mozilla Firefox dan Internet Explorer

Sebenarnya Mozilla Firefox dengan Internet Explorer fungsinya hampir sama yaitu di gunakan untuk dunia browsing. Ya ada perbedaan sedikit lah di antaranya ke duanya. Saat sekarang ini ada 3 browser yang banyak digunakan orang di dunia, yaitu Firefox, Internet Explorer dan Opera. Pengertian
1. Microsoft Internet Explorer
Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE, adalah sebuah browser web proprieter yang gratis dari Microsoft. Ia tersedia untuk kebanyakan versi Microsoft Windows, namun Microsoft telah berhenti mengeluarkan versi ter-update untuk semua platform kecuali Windows XP. Untuk beberapa waktu lamanya, Microsoft juga mengeluarkan Internet Explorer untuk Mac (yang berdasarkan mesin pengarsir yang berbeda) dan versi-versi untuk penggunaan melalui X Window System pada Solaris dan HP-UX,tetapi kini mereka sudah tidak dikembangkan.

Internet Explorer hingga kini masih merupakan browser web yang paling banyak digunakan, meliputi 93.7% dari keseluruhan penggunaan browser menurut sebuah perusahaan penganalisa web WebSideStory. Explorer diikutkan sebagai browser default di semua versi Microsoft Windows sejak Windows 95 OSR-2.
Windows XP Service Pack 2 keluaran Microsoft beberapa lama ini menambah beberapa fitur keamanan penting kepada Internet Explorer, termasuk firewall Windows yang sudah diupdate dan pemblokir pop-up. Ini dilakukan untuk meredam kekhawatiran mengenai spyware yang telah menyerang Explorer dengan berat. Microsoft menganjurkan para pengguna untuk mengupdate Microsoft Windows (melalui Windows Update) secara berkala.
2. Mozilla Firefox
Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Versi 3.0 dirilis pada 17 Juni 2008.

Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber-terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.
Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah browser web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama dengan client e-mail Mozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis browser resmi Yayasan Mozilla.
Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di browser-browser lainnya seperti Mozilla Suite dan Opera, Firefox merupakan browser pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini. Firefox ditargetkan untuk mendapat sekitar 10% pangsa pasar Internet Explorer keluaran Microsoft (browser paling populer dengan margin yang besar (per 2004) hingga tahun 2005, yang telah disebut oleh banyak orang sebagai tahun kembalinya perang browser.
Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai alternatif kepada Internet Explorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya—pihak yang setuju terhadap anggapan ini mengatakan Explorer tidak mengikuti standar Web, menggunakan komponen ActiveX yang sering membahayakan, dan kelemahannya terhadap pemasangan spyware dan malware—dan kurangnya fitur-fitur yang dianggap pemakai Firefox penting. Microsoft sendiri telah merespons bahwa mereka tidak menganggap jika isu-isu mengenai keamanan dan fitur Explorer perlu dikhawatirkan.
Versi 2.0 diluncurkan pada 24 Oktober 2006. Pada versi 2.0 ini, Mozilla mempunyai bug (kelemahan) yaitu akan "crash" jika membuka web page (halaman Web) yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki.
Versi 3.0 yang diluncurkan pada 17 Juni 2008 merupakan versi pertama yang mendukung antarmuka Bahasa Indonesia.
Dalam menjelajahi dunia internet,kita dapat menggunakan beberapa software seperti IE dan Mozilla Firefox,tetapi alangkah baiknya jika kita lebih dahulu mengetahui perbedaan-perbedaan yang ada pada kedua software tersebut di bawah ini terdapat perbedaan kedua software tersebut diantaranya dalam hal:
Popup Blocking
"Pada saat ini, sebuah internet browser tanpa popup blocker layaknya sebuah koneksi broadband tanpa firewall". Popup Blocker builtin dari Mozilla Firefox dinyatakan lolos uji, setelah diuji pada halaman tes di http://www.popup-blocker.info. Popup blocker dari mozilla mampu menutup 200 window popup yang diujikan sedangkan Internet Explorer???? nihil
Download Manager
Download manager memungkinkan kita untuk mengontrol file-file download kita. Dengan Download manager builtin dari Mozilla kita dapat menghentikan sementara untuk kemudian dilanjutkan pada lain waktu (persis layaknya aplikasi download manager), sementara di IE 6 kita tidak menjumpai hal tersebut (catatan : mungkin nanti pada IE yang builtin pada Longhorn kita akan menjumpai hal tersebut). Di Firefox terdapat summary tentang ukuran file download,lokasi download sedangkan pada IE tidak kita jumpai.
Tab Browsing
Anda pernah browsing di banyak situs dengan IE? Anda diharuskan pula membuka banyak window baru, Menjengkelkan bukan? Panel anda akan sangat penuh dengan IE-IE yang anda buka, pusing bukan?Nah di Firefox anda tidak harus membuka window baru, terdapat tab browsing jadi anda hanya perlu satu window dan bisa browsing pada banyak situs dengan fitur tab browsing.
Search Engine Terintegrasi
Mozila Firefox sudah terintegrasi Search Engine untuk memudahkan pengguna, sedangkan IE belum. Kemudahan Option Menurut berbagai sumber, Option dalam konfigurasi antara Firefox dengan IE lebih mudah Firefox
Halaman Info Dengan klik kanan Firefox (pada pengguna PC) anda akan disajikan halaman info dari web yang bersangkutan.Di IE belum tersedia
Menurut aku sendiri ya mudah-mudahan banyak juga yang berpendapat seperti ini mengapa orang lebih menyukai menggunakan Mozilla Firefox :
1. Lebih Aman
Tidak dapat dipungkiri bahwa internet explorer adalah sasaran utama para hacker baik yang amatir maupun yang sudah profesional.
2. Ada Multi Browser Tab
Kita bisa membuka banyak jendela dari sebuah browser firefox aktif.
3. Mudah Digunakan
Untuk membuka window baru untuk browsing kita tinggal dobel klik pada bagian tab yang kosong (di bawah menu navigasi di bagian atas jendela). Untuk menutupnya kita tinggal memencet tombol scroll pada mouse anda (bila ada) pada window tab yang ingin kita close.
4. Download lebih enak
Proses download lebih cepat dan mudah, lalu download juga digabungkan menjadi satu jendela. Berbeda halnya dengan IE yang downloadnya terpisah-pisah dan harus membuka satu taskbar per jendela download yang aktif.
5. Lebih Cepat
Untuk browsing lebih cepat di bandingkan dengan Internet Explorer
nah bro aku mau nambahin sedikit berbagai macam pendapat orang-orang mengenai masalah ini tapi hampir semuanya mempunyai kesamaan walaupun ada perbedaan sedikit
BEBERAPA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MOZILLA FIREFOX DENGAN IE
1. Kelebihan Mozilla Firefox Dibandingkan Internet Explorer (Ie)
a. Ukuran aplikasi yang relative kecil, yaitu sekitar 4,7 MB, dibanding IE yang dapat mencapai 80 MB
b. Mendukung berbagai jenis jalan pintas untuk aksi, baik yang berupa tombol pintas misalnya Ctrl+T untuk membuka tab baru maupun gerakan mouse pintas (mouse gesture) misalnya menekan tombol kanan mouse sambil menggeser mouse ke kiri menuju halaman sebelumnya.
c. Penghentian pop up, yang secara otomatis telah terintegrasi dalam penginstalan awal.
d. Mampu mematahkan pembatasan aksi pengguna, misalnya penyembunyian status bar atau penguncian browser, sehingga pengguna tidak dapat memperbesar atau memperkecil ukuran browser.
e. Penampilan halaman yang lebih lapang dengan area toolbar lebih ringkas.
f. Fitur organisasi bookmark yang mampu mengorganisasi beberapa tab sekaligus.
g. Tampilan browser dapat dikustomisasi menggunakan skin.
h. Fitur menjelajah internet dengan tab. Fitur demikian akan memungkinkan pengguna untuk membuka beberapa URL sekaligus dalam satu jendela browser.
i. Hasil cetak halaman secara otomatis diperkecil, sehingga tidak terpotong seperti halnya IE
j. Lebih aman, tidak ada lubang-lubang sekuritas seperti yang terdapat pada IE.

2. Kelemahan Mozilla Firefox Dibandingkan Internet Explorer (Ie)
a. Waktu proses halaman situs tertentu lebih lambat, diperkirakan karena masalah kompatibilitas atau kesesuaian antara pengkodean halaman situs dengan browser Mozilla Firefox
b. Tidak terintegrasi dengan Outlook maupun Outlook Express, beberapa fasilitas e-mail tidak bekerja dengan baik, seperti melihat e-mail HTML maupun membuka link langsung dari e-mail di Outlook.
c. Tidak mendukung sinkronisasi dengan PocketPC Windows dan sinkronisasi USB-cradle, misalnya untuk men-download web calendar
d. Terdapat perbedaan penampilan halaman situs dengan IE, terlebih apabila halaman situs dirancang untuk menampilkan halaman tersebut dengan benar.
e. Instalasi plug-in tidak semudah pada IE, misalnya untuk menginstal Flash Player, Shockwave, Java Virtual Matchine diperlukan instalasi secara manual (tidak otomatis). Firefox juga tidak mendukung instalasi aplikasi Microsoft secara online, misalnya aktivasi Microsoft Reader
f. Beberapa formulir online tidak merespon penekanan tombol Enter sebagai jalan pintas untuk menekan tombol “submit” di layar. (Disarikan dari “Buku Pengantar Teknologi Informasi Internet : Konsep dan Aplikasi” Oleh Budi Sutedjo DO, SKom, MM dkk)
Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba browser yang sedang naik daun dan digemari banyak orang dari seluruh dunia.

Dari berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Wisata Pantai

Pulau Bangka sangat terkenal dengan keindahan pantainya. Beberapa pantai yang terkenal di pulau bangka antara lain:

  • Pantai Parai Tenggiri
  • Pantai Matras
  • Pantai Tanjung Pesona
  • Pantai Rebo
  • Pantai Batu Berdaun
  • Pantai Pasir Padi
  • Pantai Tanjung Ru Sadai,Bangka Selatan
  • Pantai Tanjung Kerasak, Bangka Selatan
  • Pantai Gunung Namak, Bangka Selatan

Obyek Wisata

Selain objek wisata pantai, di Pulau Bangka masih terdapat juga obyek wisata lainnya antara lain :

  • Pesanggrahan Bung Karno Bukit Menumbing
  • Wisma Ranggam Mentok
  • Museum Timah Pangkalpinang
  • Mesjid Jami' Pangkalpinang
  • Perkampungan Cina Tradisional Simpang Gedong
  • Taman Pha Kak Liang di Belinyu
  • Kolam Pemandian Air Panas di Pemali
  • Vihara Dewi Kuan Im di Sungailiat
  • Lokasi Film Laskar Pelangi di Gantung

Alat musik & Tari

Alat musik dan tarian tradisional Bangka

· Dambus

· Rebana

· Suling

· Gendang Melayu

· Tari Tanggai

· Tari Zapin

· Tari Campak


Sumber: KlikBCA.com KilasBerita.com

Get your own LinkBox! Tukar Link

ShoutMix chat widget
 
WARNET